Selasa, 27 Maret 2018

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang CCTV di Rumah



Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang CCTV di Rumah - Penggunaan cctv kini semakin mudah dijumpai dimana saja terutama di rumah. Banyak manfaat yang dirasakan dari penggunaan cctv di rumah mulai dari menjaga keamanan hingga mengawasi segala hal yang ada di rumah ketika sedang tidak berada di rumah.

Dengan maraknya tingkat kriminalitas saat ini, penggunaan cctv pun semakin lumrah digunakan di rumah. Tak hanya untuk mengetahui siapa yang masuk kerumah, anda juga bisa memanfaatkan cctv untuk mencari barang jika anda lupa dimana meletakkannya.

Atau bagi anda yang memiliki pembantu rumah tangga ataupun babysitter di rumah, penggunaan cctv sangat membantu untuk memantau kinerja dan mengawasi mereka. Bukannya berburuk sangaka, pasalnya saat ini marak sekali terjadi pencurian ataupun penganiayaan yang dilakukan oleh asisten rumah tangga.


Nah, jika anda berencana untuk memasang  cctv di rumah, yuk simak hal berikut dahulu!

Pilih jenis cctv sesuai dengan kebutuhan

Seperti yang kita ketahui, cctv saat ini memiliki banyak jenis tergantung kegunaannya masing-masing. Terdapat cctv yang dapat merekam dengan sudut pandang lebih luas, ada juga cctv yang memiliki kualitas lebih jernih. Sayangnya, cctv dengan kualitas bagus tersebut akan lebih mahal juga harganya daripada cctv yang memiliki area cakupan sempit dan kualitas rekaman yang biasa saja.

Sesuaikan pemilihan cctv dengan lokasi pemasangan. Apabila lokasi pemasangan cukup luas, sebaiknya gunakan 1 cctv dengan area cakupan yang luas dari pada menggunakan 2 cctv dengan area cakupan sempit. Hal tersebut dapat lebih menghemat budget anda meskipun harga satuan cctv dengan area cakupan luas lebih mahal.

Pastikan juga untuk memastikan apakah lokasi pemasangan terkena langsung sinar matahari atau tidak. Ada cctv yang tahan cuaca panas maupun hujan dan ada juga yang tidak. Ada juga cctv yang dilelangkapi dengan fitur infra red sehingga tetap bisa menangkap gambar meski tidak ada cahaya.

Nah, jika anda hanya berencana untuk memasang cctv di dalam rumah, sebaiknya pilihlah cctv yang tidak memiliki fitur tambahan seperti infra red dan tahan cuaca agar lebih hemat.

Memasang cctv dengan baik

Apabila sebelumnya anda belum pernah memasang cctv sendiri, sebaiknya gunakan jasa pemasangan cctv. Anda juga bisa meminta bantuan dari jasa tersebut untuk menginstall aplikasi guna memantau rekaman cctv langsung dari smartphone anda. Dengan begitu, anda tetap bisa memantau kondisi rumah meski sedang berada jauh dari rumah.

Merawat cctv

Agar cctv tahan lama dan tidak mudah rusak, pastikan untuk rutin dalam merawat cctv di rumah. Pastikan agar lensa kamera cctv tetap bersih agar kualitas rekaman tetap baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar